Dapatkan informasi Lowongan Kerja Terbaru kelanjutan Kaltim JMF 2011 di Job Listing Board atau Unduh melalui blog ini.

Rabu, 30 Maret 2011

Magang Kerja di Jepang, Wirausaha di Kampung



Dari 25.584 orang peserta yang telah mengikuti program magang di Jepang selama 3 tahun, sebanyak 70 persen ( 17.909 orang ) telah berhasil menjadi wirausaha mandiri di daerah asalnya masing-masing. Sisanya bekerja di berbagai perusahaan nasional dan multinasional, terutama perusahaan-perusahaan asal Jepang yang beroperasi di Indonesia.

“ Program ini mampu meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), menambah wawasan pengetahuan dan meningkatkan keterampilan kerja sehingga mudah diserap pasar kerja, “ kata Menakertrans Muhaimin Iskandar, usai menerima kepulangan 104 peserta magang dari Jepang di Chivest Bekasi.

Direktur Bina Pemagangan Kemenakertrans, Bagus Marijanto yang mewakili Menakertrans di Bekasi, mengatakan program pemagangan menjadi salah satu solusi alternatif dalam mengatasi masalah pengangguran. Program pemagangan pun menjadi titik awal untuk membuka lapangan kerja baru melalui wirausaha mandiri.

“Eks peserta magang yang baru pulang dari Jepang memang langsung diminati perusahaan-perusahaan Jepang yang bergerak di bidang industry ,terutama industri, otomotif, tekstil, listrik, manufaktur, mesin dan bangunan,” ujarnya.

Namun sebagian besar, tambah Muhaimin, eks magang Jepang itu ternyata lebih memilih untuk membuka usaha sendiri secara mandiri atau berwirausaha, sesuai dengan bakat, kemampuan dan ilmu yang dipelajari selama magang di Jepang.
 
“Dengan wirausaha mandiri, para eks magang ini secara tidak langsung membantu pemerintah, dengan cara membuka lapangan kerja baru dan memperluas kesempatan kerja dengan menampung masyarakat di sekitarnya untuk bekerja, kata Muhaimin.
 
Selanjutnya, bagi masyarakat yang berkeinginan untuk mengikuti Program Pemagangan ke Jepang ini, dapat mengunduh informasinya di sini.
Sedangkan untuk prosedur rekruitmen dan seleksinya, dapat mengunduh di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar